Mau Set Up Meja Buat WFH? Ini 5 Rekomendasi Perlengkapannya

Meski pandemi di Indonesia sudah menurun angka kasus hariannya, WFH atau bekerja dari rumah untuk sebagian profesi dan kantor masih terus berlanjut demi mencegah terjadinya penularan atau bahkan gelombang ketiga. Apakah pekerjaan atau kantormu salah satunya?

Jika ya, mungkin sekarang kamu sudah berencana untuk mengatur ulang ruang kerjamu atau settingan meja kerja demi WFH yang lebih nyaman. Punggung dan kaki bisa tetap sehat, tampilan ruangan lebih fresh dan estetik sehingga bisa menambah semangat kerja, hingga bisa makin betah dan produktif meski harus kerja di rumah. 

Sebagai langkah awal mengatur ulang atau set up meja yang nyaman untuk WFH, ada 5 rekomendasi perlengkapan yang akan kamu butuhkan, lho. Berikut ini ulasannya. 

Meja dan kursi kerja yang nyaman

Kalau kamu biasa kerja di kasur, di lantai, atau bahkan di meja tamu, kamu mungkin akan mudah merasa lelah, pegal, atau bahkan kesemutan. Ini terjadi karena tempat kerjamu tidak sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Terutama meja dan kursi yang digunakan. 

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bisa lebih fokus kerja, yang pertama perlu kamu penuhi adalah punya meja yang ukurannya pas dengan jarak pandang dan tinggi tubuhmu. Idealnya, tinggi meja kerja berkisar antara 70 sampai 75 cm dengan lebar meja 120 cm. Meja yang ukurannya terlalu tinggi atau terlalu rendah, bisa mengganggu kondisi tulang belakangmu dan memperburuk konsentrasi. 

Begitu juga halnya dengan kursi kerja. Akan sangat baik jika kamu bisa punya kursi khusus untuk kerja, bukan sekadar kursi yang punya sandaran belakang. Sebab, biasanya kursi kerja sudah dirancang dengan teknologi khusus agar sesuai dengan postur tubuh dan bisa digunakan dalam waktu lama. Beda dengan kursi meja makan atau kursi lainnya. 

Dari segi harga, meja dan kursi kerja yang memadai memang tidak murah. Biasanya berkisar mulai dari 600 ribuan minimal hingga jutaan rupiah. Tapi, untuk investasi kesehatan dan produktivitas kerja, tidak ada salahnya menyisihkan uang lebih untuk beli kursi dan meja kerja yang nyaman. Apalagi jika kamu masih akan WFH dalam waktu yang lama.

Lampu meja yang memadai

Selain kenyamanan punggung dan kaki, kenyamanan mata ketika menatap layar laptop juga diperlukan. Penerangan yang kurang di dalam ruangan kerja, bisa membuyarkan konsentrasi atau membuat mata rentan terasa berkunang-kunang. Untuk itulah, kamu juga memerlukan lampu meja yang memadai untuk mendukung aktivitas kerja. 

Beberapa kriteria yang bisa kamu pertimbangkan antara lain: kualitas cahaya yang tinggi dan bisa disesuaikan modenya, sesuai dengan ukuran meja, dan bisa disetel sesuai kebutuhan atau jam kerjamu. 

Berbeda dengan kursi dan meja kerja yang nyaman, lampu meja biasanya dibanderol dengan kisaran harga lebih murah, mulai dari 100 ribuan aja. 

Wadah/Stand untuk monitor atau laptop

Sebagai tambahan set up untuk meja kerjamu, kamu juga akan memerlukan wadah atau stand untuk monitor atau laptop. Terlebih jika kamu menggunakan dua komputer saat bekerja: 1 laptop dan 1 monitor. Akan lebih nyaman dan pas, jika salah satunya berada dalam posisi lebih tinggi, terutama komputer utama. Di sinilah, stand monitor atau laptop akan dibutuhkan untuk mendukung hal tersebut. 

Stand monitor atau laptop juga bisa membuat meja kerjamu memiliki ruang lebih, sehingga ada tempat untuk mengatur mouse sampai keyboard tambahan. Serupa dengan lampu meja, harga stand laptop juga berkisar mulai Rp 100 ribuan, tergantung materialnya. 

Keyboard bluetooth

Kalau kamu bekerja dengan lebih dari 1 komputer, kamu mungkin akan membutuhkan keyboard bluetooth tambahan. Di mana keyboard ini berfungsi membuat proses kerja atau mengetik jadi lebih efisien dan nyaman ketimbang menggunakan keyboard laptop yang tidak dirancang untuk penggunaan terlalu lama. 

Keyboard bluetooth juga bisa dengan mudah disambungkan ke lebih dari 1 komputer sekaligus sehingga akan membuat kamu lebih mudah ketika harus switch ke monitor atau laptop di satu meja kerja. Harga keyboard bluetooth di pasaran, biasanya berkisar mulai dari Rp 300 ribuan. Makin banyak fitur dan keunggulannya, tentu harganya akan semakin mahal. 

Pegboard untuk dinding

Pegboard atau papan berlubang juga bisa menjadi tambahan dekorasi di dinding ruang kerja. Fungsi utama dari pegboard atau papan berlubang ini adalah untuk membuat dekorasi meja jadi lebih simple dan tidak penuh barang perintilan. Kamu bisa “menggantung” alat-alat seperti perkakas atau alat tulis di pegboard agar meja lebih luas dan tidak termakan porsinya. Kamu juga dapat memanfaatkan pegboard untuk menempel aneka notes yang penting untuk pekerjaan. 

Beli Perangkat Kerja Buat WFH Bisa Cicilan 0 Persen Pakai Kredivo

Dari perlengkapan dasar di atas, bisa dibilang untuk mengatur ulang atau membuat perangkat kerja yang nyaman memang dibutuhkan modal yang cukup besar. Mungkin kurang lebih di kisaran Rp 1 juta sampai Rp 2 jutaan. 

Tapi, jangan khawatir, sebab kamu bisa membeli semua perlengkapan tersebut sekaligus dengan mengandalkan cicilan 0 persen dari Kredivo. Khususnya jika kamu belum punya akses kredit seperti kartu kredit. 

Dengan cicilan 0% dari Kredivo, kamu bisa mencicil perlengkapan meja, kursi, dan dekorasi ruangan kerja langsung di berbagai e-commerce rekanan Kredivo seperti Tokopedia, Blibli, JD.id, Lazada, Shopee, sampai IKEA online. Tenor yang tersedia untuk cicilan 0% pakai Kredivo adalah 3 bulan dan tanpa uang muka. Ada juga biaya 1% per bulan dari jumlah transaksi yang akan dibebankan selama tenor cicilanmu berlangsung. 

Tertarik mencoba? Kamu bisa daftar Kredivo sekarang dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post