Manfaat Buah Bengkoang yang Harus Kalian Ketahui

Bengkoang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berbuah di bawah tanah seperti umbi-umbian. Jika dilihat dari bentuknya, buah bengkoang ini hampir mirip dengan bawang Bombay atau ubi lho. Pada umumnya, buah bengkoang sering diolah menjadi hidangan rujak. Namun, buah bengkoang juga bisa dimakan secara langsung. Lantas, seperti apa sajakah manfaat dari mengonsumsi buah bengkoang? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat buah bengkoang untuk kesehatan tubuh, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Munculnya masalah sembelit dan susah buang air besar, hal itu menandakan bahwa ada masalah pada saluran pencernaan. Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, maka disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi buah bengkoang secara rutin dan teratur. Pasalnya, buah yang satu ini kaya akan kandugan serat yang dapat melancarkan saluran pencernaan. Tak hanya itu, kandungan inulin pada buah bengkoang juga dapat meningkatkan frekuensi buang besar hingga 31% ketika kamu mengalami sembelit lho.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh yang paling menakutkan. Ya, terang saja demikian, sebab penyakit yang satu ini tidak menimbulkan gejala apapun. Bahkan, orang yang tampak terlihat segar bugar pun bisa terkena serangan jantung secara mendadak! Itu sebabnya, mengapa penyakit jantung kerap dijuluki dengan nama “silent killer”. Penyakit jantung ini disebabkan karena meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh, sehingga akan membentuk plak yang akan menyumbat pembuluh darah jantung. Berdasarkan dari hasil penelitian, buah bengkoang diyakini dapat menurunkan kadar kelosterol sehingga kesehatan jantung akan terpelihara.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat berikutnya dari buah bengkoang untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat meningkatkan fungsi otak. Ya, hal itu dikarenakan buah bengkoang memiliki kandungan vitamin B6, yang mampu membantu otak dan saraf untuk bekerja lebih baik lagi. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, vitamin B6 tersebut dapat membantu tubuh dalam meproduksi sel darah merah serta merubah protein menjadi energy lho.