Kaum Wanita Harus Tahu, Inilah Gejala Dari Kanker Rahim (Serviks)

Tak banyak wanita yang menyadari bahwa dirinya mengidap kanker rahim. Pasalnya, gejala kanker rahim ini hampir mirip dengan masalah-masalah kewanitaan pada umumnya. Jika kanker serviks stadium awal bisa dideteksi, maka proses penyembuhannya pun akan semakin cepat. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui gejala dari kanker rahim sejak dini. Adapun mengenai beberapa gejalanya seperti dibawah ini. 

1. Keputihan yang Berlebih

Tak hanya mengalami pendarahan yang tidak normal pada vagina, kanker rahim juga akan ditandai dengan adanya keputihan yang tidak normal. Biasanya terjadi perubahan pada lendir keputihan, mulai dari warna, aroma yang tidak sedap, hingga perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina. Jika mengalami kondisi seperti demikian, maka segera periksakan dirimu ke dokter terdekat.

2. Menstruasi yang Berkepanjangan

Kebanyakan penderita kanker rahim akan mengalami siklus menstruasi yang lebih panjang dari biasanya. Menstruasi pada mereka akan terjadi selama dua minggu, bukan empat hari, atau mengalami dua kali menstruasi dalam sebulan. Untuk memastikan ada atau tidaknya kanker rahim, sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter. 

3. Rasa Sakit Ketika Berhubungan Intim

Seorang wanita yang mengidap kanker rahim akan merasakan sakit di area panggul saat berhubungan intim. Biasanya, kondisi ini terjadi ketka kanker rahim sudah memasuki stadium lanjut. Tentu saja rasa sakit tersebut akan mengganggu hubungan intim antara istri dengan suami. 

4. Pendarahan di Vagina

Inilah yang menjadi alasan, mengapa banyak wanita yang tidak menyadari akan gejala dari kanker rahim. Menurut informasi yang didapat, pendarahan pada vagina wanita yang mengidap kanker rahim itu bisa lebih banyak atau lebih sedikit dari menstruasi biasanya, yang terjadi di antara periode menstruasi atau pada wanita yang sudah menopause. Bahkan, pendarahan ini juga bisa terjadi saat berhubungan intim. 

5. Tubuh yang Mudah Lelah

Gejala berikutnya dari kanker rahim yang harus kamu ketahui, yakni tubuh yang terasa mudah lelah. Ya, hal itu dikarenakan terjadi pendarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga tubuh akan kehilangan banyak sel darah merah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *