Cara Cek Imei iPhone dengan Mudah dan Cepat

iPhone 12 Mini vs iPhone SE 2020, Apa Bedanya?

iPhone adalah smartphone kelas menengah ke atas yang memang begitu diminati oleh banyak orang. Namun karena besarnya minat memiliki iPhone ini banyak sekali orang yang membuat replika handset yang mirip dengan iPhone. Tampilan sekilas dari iPhone replika ini hampir sama dengan yang aslinya. Namun, kamu tetap bisa membedakan mana yang asli dan palsu melalui banyak cara, salah satunya IMEI iPhone.

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang juga adalah kode produksi yang membedakan satu perangkat dengan perangkat yang lainnya sehingga tidak ada satupun perangkat yang memiliki IMEI yang sama. Karena hal inilah IMEI merupakan bagian penting di setiap gadget. Namun, masih banyak orang yang tidak menyadari akan pentingnya keberadaan IMEI ini, dimana tidak melakukan pengecekan terlebih dahulu ketika membeli iPhone ataupun gadget lainnya sehingga gadget yang dibeli belum tentu terjamin keasliannya.

Selain berfungsi sebagai pembeda iPhone asli atau palsu, IMEI juga berguna untuk membantu jika iPhone kamu dicuri. Untuk menjalankannya mudah, ketika mengetahui iPhone kamu dicuri, segeralah laporkan permasalahan ini ke provider operator seluler yang kamu gunakan. Proses pelaporan ini tidak memakan banyak waktu karena pihak provider kamu akan melacak keberadaan iPhone yang dicuri tadi.

Agar iPhone kamu terjamin keasliannya, sebaiknya kamu lihat terlebih dahulu apakah IMEI yang tertera di dus sama dengan yang ada di badan smartphone. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, berikut ini adalah beberapa cara cek IMEI iPhone yang bisa kamu praktekan sendiri.

  • Melalui Sistem iPhone

Cara ini adalah cara yang paling mudah dimana pengecekannya dilakukan melalui pengaturan sistem iPhone dengan cara masuk ke menu “Settings”, kemudian buka “General”, setelah itu lanjutkan ke “About”. DI menu “About”, carilah IMEI dari iPhone. Kamu juga bisa mengecek ICCID melalui cara ini.

  • Melalui Fisik iPhone

Selain dicek melalui sistemnya, IMEI juga bisa dilihat di bagian fisik iPhone. Untuk bisa melihatnya, kamu harus membuka casing bagian belakang dan lepas baterai yang terpasang disana. Nomor IMEI umumnya terletak di dekat slot SIM card.

  • Melalui Kode Khusus

Terdapat cara efektif linnya dalam mengecek IMEI di iPhone dan semua jenis ponsel. Caranya adalah dengan membuka menu calls seperti ketika kamu akan melakukan panggilan telepon, lalu ketikkan kode *#06#, maka layar akan menampilkan nomor IMEI dari iPhone, begitu juga berlaku untuk smartphone lainnya.

  • Melalui iTunes

Selain untuk mengisi musik ke iPhone, software resmi dari Apple ini juga bisa digunakan untuk mengecek IMEI iPhone. Caranya adalah dengan menyambungkan iPhone ke komputer yang sudah dipasang iTunes. Kemudian jika berhasil tersambung, klik “Library” pada iTunes yang secara otomatis akan menampilkan data dari iPhone, termasuk juga nomor IMEI iPhone tersebut.

Apabila sudah mengetahui nomor IMEI iPhone dengan cara-cara di atas, kamu bisa segera mencocokkannya dengan box dari iPhone. Apabila iPhone asli, maka akan memiliki nomor IMEI yang sama di bagian fisik, box, dan sistem. Kamu juga bisa mencocokkan IMEI yang sudah kamu cek melalui website http://www.imei.info. Di situs ini kamu hanya hanya perlu memasukkan nomor IMEI yang kamu dapatkan dari iPhone-mu. Selanjutnya website akan memberikan data lengkap mengenai iPhone. Apabila sudah memasukkan IMEI yang tertera di iPhone namun data yang muncul adalah data dari iPhone lain, maka bisa dipastikan kalau iPhone kamu palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post