Berikut Ini Faktor Penyebab dan Dampak Pemanasan Global

Studi: Lebih dari Sepertiga Angka Kematian Disebabkan Pemanasan Global

Pemanasan global (global warming) merupakan suatu bentuk ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibat terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi.

Pemanasan global merupakan suatu proses yang ditandai dengan naiknya suhu atmosfer laut, laut, dan daratan. Bahkan menurut info, suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat cukup signifikan dalam seratus tahun terakhir sehingga membuat Bumi yang kita tinggali ini semakin memanas.

Penyebab Pemanasan Global

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan Bumi ini semakin panas, di antaranya :

  • Efek Rumah Kaca

CO2 atau karbon dioksida yang dihasilkan oleh aktivitas di Bumi seperti pernafasan dan hasil pembakaran bahan bakar menyelubungi Bumi.

Karena kadarnya diambang batas maka CO2 seolah seperti rumah kaca yang menutup permukaan Bumi. Selain CO2, sulfur dioksida dan metana juga sama menyelubungi Bumi.

Layaknya seperti sifat kaca, gas-gas yang melapisi tadi akan memantulkan infared dari matahari yang seharusnya dikembalikan lagi ke angkasa. Jadi, infared terjebak di Bumi.

Sebenarnya efek rumah kaca ini ada manfaatnya juga untuk Bumi dalam hal memberi panas. Bisa dibayangkan jika tidak ada efek rumah kaca maka Bumi akan diselimuti oleh hawa dingin.

  • Efek Umpan Balik

Faktor penyebab pemanasan global selanjutnya adalah adanya efek umpan balik. Umpan balik disini contohnya adalah penguapan air.

Selain menghasilkan karbondioksida, proses pemasan global juga akan menghasilkan uap air. Jadi, semakin banyak pemanasan yang terjadi akibat efek rumah kaca karbondioksida, maka akan semakin melimpah juga uap air yang membumbung ke atmosfer.

  • Variasi Matahari

Variasi matahari adalah perubahan jumlah energi radiasi yang dilepaskan matahari. Variasi matahari ini dipengaruhi oleh siklus matahari 11-tahunan (siklus bintik merah) selain fluktuasi-fluktuasi lainnya yang tidak periodik. 

Adanya variasi matahari ini diduga disebabkan oleh umpan balik dari awan yang memberikan andil dalam pemanasan saat ini.

Dampak Pemanasan Global

  • Melelehnya Es di Kutub

Salah satu dampak pemanasan global yang bisa terlihat dengan jelas adalah melelehnya es yang ada di kutub. Yang mana, lembaran permukan es yang ada pada kutub terus menghilang sejak akhir dari jaman es sekitar 11.700 tahun yang lalu. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pemanasan global membuat permukaan es yang ada terus mengalami pengurangan secara drastis hingga 10-15 kali dari sebelumnya.

Di kutub utara, adanya global warming ini telah membuat permukaan es meleleh 2 kali lebih cepat sejak 13 tahun yang lalu. Dimana, permukaan es tersebut telah menurun sebesar 3,15% per dekade sejak 40 tahun sebelumnya.

  • Meningkatnya Permukaan Air Laut

Dengan semakin banyaknya permukaan es di kutub yang meleleh sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan permukaan air laut di dunia. Diperkirakan permukaan laut saat ini sudah meningkay sekitar 8 inchi sejak tahun 1870 dan akan terus meningkat pesat lagi.

  • Terjadinya Gelombang Panas

Seiiring meningkatnya suhu permukaan bumi, sehingga salah satu dampaknya adalah sering terjadinya gelombang panas. Gelombang panas ini bisa membuat suhu di suatu daerah meningka5 secara drastis yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan.

  • Rusaknya Ekosistem Laut

Pada saat suhu air laut terus meningkat maka hal ini akan berdampak buruk bagi ekosistem laut. Pasalnya, ekosistem laut memiliki batasan suhu ideal untuk dapat hidup dan akan mengalami kerusakan jika air laut mengalami kenaikan suhu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post