Ambil Pinjaman Tunai untuk Lebaran? Waspadai 5 Hal Ini

Pakai Cicilan 0% dari Kredivo untuk Pemesanan Semua Produk PegiPegi

Menjelang lebaran, bukan hanya kebutuhan belanja, kebutuhan dana pun akan meningkat. Sebab, seperti yang kita tahu, banyak sekali kebutuhan yang perlu dipenuhi saat Ramadan hingga Lebaran. Mulai dari belanja untuk hari raya, mudik, zakat, dan berbagai aktivitas lainnya. Terlebih bagi orang yang sudah berkeluarga, tentu pengeluaran akan semakin bengkak jelang Lebaran. 

Biasanya, layanan pinjaman tunai banyak diburu dan dicari orang jelang hari raya demi memenuhi kebutuhan. Di era maraknya aplikasi pinjaman uang tunai berbasis online, seperti KrediFazz sekarang ini, apalagi pinjam uang makin jadi cepat dan praktis. Tinggal unduh aplikasi, isi dan unggah data diri, pinjaman pun jadi. 

Sayangnya, kemudahan yang ditawarkan aplikasi pinjaman uang tunai online memiliki hal-hal yang perlu kita waspadai. Sebab, semua yang berbasis online sangat rentan terhadap celah penipuan dan faktor risiko keamanan lainnya. 

Jika kamu termasuk yang ingin mengajukan pinjaman uang tunai ke fintech untuk hari raya, ada 5 hal yang sebaiknya kamu waspadai, yaitu: 

Aplikasi pinjaman uang tunai ilegal

Meski sudah banyak informasi dan awareness yang diberikan mengenai pinjol ilegal, serta pemblokiran pada aplikasi dan layanannya, hingga kini pinjol ilegal masih marak bermunculan. Kadang-kadang, kemunculannya juga dibarengi dengan berbagai strategi marketing dan iming-iming menggiurkan yang membuat orang banyak terjebak dan tidak mengcek ulang apakah fintech tersebut legal atau tidak. 

Sangat tidak disarankan bagi kamu untuk menggunakan pinjaman yang tidak terdaftar di OJK, apapun alasannya. Sebab, pinjol tidak resmi berpotensi merugikan mulai dari suku bunga yang tidak terkendali, keamanan data yang tidak terjamin, cara penagihan yang tidak sesuai prosedur, dan masih banyak lagi. 

Sebagai tips, ketika kamu menemui nama atau sebuah aplikasi pinjaman online, jangan ragu untuk mengeceknya dulu via situs OJK atau WhatsApp resmi OJK, ya. 

Bunga yang tinggi dan tidak transparan

Bunga yang tinggi adalah salah satu masalah yang kerap menjadi persoalan di fintech. Bukan hanya itu, transparansi bunga juga seringnya tidak ada dan bisa merugikan nasabah jika terjadi perubahan sewaktu-waktu. 

Inilah pentingnya memilih fintech pinjaman uang yang terdaftar di OJK. Rata-rata fintech legal memiliki bunga yang pasti. KrediFazz misalnya. Di mana kamu bisa ajukan pinjaman uang tunai mulai 100 ribu sampai 3 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Suku bunga KrediFazz juga lebih rendah dibanding fintech sejenisnya, yaitu 0,3% per bulan atau 9% per bulan. Cocok untuk dijadikan alternatif pinjaman cepat di saat darurat. 

Modus penipuan pinjaman online

Kamu juga perlu mewaspadai berbagai modus penipuan pinjaman online. Yang paling sering terjadi adalah iming-iming pencairan pinjaman cepat atau limit besar asalkan mau transfer DP. Ada juga modus penipuan pinjaman online yang meminta kamu memberikan data-data pribadi ke perorangan, bukan melalui aplikasi, untuk dibantu pendaftaran. 

Penting untuk diingat bahwa pinjaman berbasis online, maka pendaftarannya juga berbasis online. Dalam hal ini melalui aplikasi atau website yang disediakan fintech terkait. Jangan pernah memberikan data-data pribadimu untuk pendaftaran pinjaman online ke pihak lain atau perorangan meskipun dalam keadaan mendesak, demi keamanan sendiri, ya. 

Keamanan akun pinjaman

Selain menjaga dokumen atau data pribadi, menjaga keamanan akun pinjaman juga wajib dilakukan ketika kamu sudah terdaftar sebagai nasabah pinjaman online. Jangan meminjamkan akun, mengajukan pinjaman untuk orang lain, ataupun menyalahgunakan akun. Begitu juga ketika kamu ingin menutup akun pinjaman, pastikan semua pinjaman yang kau ajukan sudah dilunasi. 

Kondisi keuangan pribadi

Terakhir, ketika mengajukan pinjaman, apa pun itu baik pinjaman online, KTA, atau kredit dengan agunan, selalu ukur kemampuan keuangan sendiri untuk pembayarannya. Kadang-kadang pinjaman online bisa memberikan limit besar dan fantastis. Meski demikian, penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan, bukan asal pinjam tanpa mengukur kemampuan membayar cicilannya. Dengan begitu, pinjaman uang tunai online bisa bermanfaat dan menjadi alternatif terbaik di saat-saat penting. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post