6 Manfaat Konsumsi Lemon untuk Tubuh!

Lemon  | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Apakah kamu termasuk sebagai salah satu orang yang takut untuk mengonsumsi lemon karena buah ini memiliki rasa yang asam? Kamu mungkin beranggapan bahwa rasa asam pada lemon dapat memicu sakit perut dan membuat asam lambung naik. Namun pada kenyataannya, asam lambung tidaklah disebabkan oleh lemon.

Justru, lemon termasuk sebagai salah satu pilihan buah yang bisa kita konsumsi secara aman, bahkan ketika perut kita dalam keadaan kosong. Apalagi, di Indonesia ada banyak lemon berkualitas dari petani lokal yang secara praktis bisa langsung kita dapatkan melalui TaniHub, sebuah platform sayur dan buah online no. 1 di Indonesia.

Lemon sendiri memang terasa asam karena memiliki pH yang rendah. Akan tetapi, pH tersebut akan secara langsung berubah menjadi basa ketika lemon sudah terserap dan dicerna oleh tubuh kita. Lantas, apa saja manfaat lemon? Berikut ini penjelasannya!

1. Membuat saluran pencernaan menjadi lancar

Air lemon adalah salah satu jenis minuman pencahar alami yang bisa kita andalkan agar tidak mengalami sembelit. Soalnya, konsumsi air lemon dapat membuat sistem pencernaan kita menjadi semakin lancar.

Lemon sendiri memang memiliki kandungan asam maupun serat pektin yang berperan penting agar makanan di dalam perut bisa terurai. Di samping itu, lemon bisa kita konsumsi daging buahnya maupun mencampurkan air lemon dan air hangat.

2. Membuat sistem imun tetap terjaga

Lemon memang menjadi salah satu sumber vitamin C yang berperan penting agar membuat sistem kekebalan tubuh kita tetap terjaga. Di samping itu, lemon yang memiliki kandungan vitamin C pun akan membuat tubuh kita terhindar dari infeksi.

Selain itu, kandungan vitamin c pun menjadi salah satu nutrisi yang penting karena pada dasarnya, tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami.

3. Membuat kesehatan jantung tetap terjaga

Saat kita mengonsumsi lemon, maka kita dapat membantu tubuh kita agar terhindar dari risiko terkena penyakit stroke maupun jantung. Hal ini dikarenakan lemon yang memiliki kandungan hesperidin maupun diosmin yang berperan penting agar kadar kolesterol kita dapat berkurang.

Di samping itu, seperti yang kita tahu, ketika seseorang memiliki kolesterol yang tinggi, maka hal tersebut dapat membuatnya terkena penyakit jantung.

4. Menekan risiko anemia

Sebagai salah satu jenis buah yang memiliki kandungan mineral berupa zat besi, lemon berkhasiat untuk membuat sel darah merah di dalam tubuh kita tetap seimbang. Apalagi, ketika seseorang kekurangan zat besi, maka tubuhnya tidak akan mampu untuk memproduksi hemoglobin yang terdapat pada sel darah merah. Ketika mengalami hal ini, maka kita akan merasa tidak bertenaga dan sesak napas.

5. Mengontrol berat badan

Apakah saat ini kamu sedang menjalankan program diet? Apabila ya, maka kamu disarankan untuk mengonsumsi air hangat yang sebelumnya sudah diberikan campuran perasan lemon. Soalnya, campuran ini bekerja efektif untuk meningkatkan rasa kenyang. Di samping itu, air lemon pun akan menahan asupan pada kalori dan membuat berat badan kita berkurang.

6. Membuat tulang dan otot tetap sehat

Saat kita mengonsumsi lemon, maka kita dapat menjaga kepadatan tulang maupun otot kita. Pasalnya, lemon memiliki kandungan seperti kalsium dan kalium yang menunjang kesehatan dan menjaga tekanan darah. Mungkin, rasanya akan masam, akan tetapi lemon memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita dan membuatnya tetap fit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post