4 Tips Parenting Bagi Orangtua Pemula

Menjadi orangtua dan mendidik anak itu memang tidaklah mudah, terutama bagi orangtua yang baru (pemula). Karena bagaimanapaun dalam mendidik anak ini diperlukan ilmu dan kesabaran dalam mendidik anak. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang 4 tips parenting bagi orangtua pemula sebagai berikut :

  1. Jangan Memaksakan Kehendak Anda 

Setiap anak itu tentunya memiliki keinginan yang berbeda-beda, seperti hobi, kesukaan, dan lain sebagainya. Sehingga, sebagai orangtua anda tidak boleh memaksakan kehendak tentang hal-hal apa saja yang harus disukai oleh anak atau melarangnya. Dalam hal ini, orangtua hanya bertugas untuk mengarahkannya saja serta membimbingnya apa-apa yang diinginkan anak selama itu baik. Jadi, orangtua tidak boleh mendikte anak karena hal tersebut justru bisa membuat anak merasa terkekang dan akhirnya frustasi.

  1. Bijak Dalam Membantu Anak

Biarkan sang anak melakukan tugas serta tanggungjawabnya sendiri. Walaupun anak merasa kesulitan, biarkanlah dia untuk berusaha sendiri terlebih dahulu. Karena hal ini dilakukan untuk mendidik anak supaya menjadi anak yang bertanggungjawab dan mandiri. Namun jika orangtua terlalu mudah memberikan bantuan kepada anak, hal ini dikhawatirkan akan membuat anak menjadi sosok yang manja, cengeng dan selalu mengandalkan pertolongan dari orang lain. 

  1. Siapkan Anak Menuju Era Digital

Di era digital seperti saat ini yang mana segala sesuatunya bisa diakses dengan mudah dengan menggunakan perangkat elektronik seperti gadget. Sehingga para orangtua tidak bisa melarang anaknya untuk menggunakan gadget, namun yang bisa anda lakukan adalah memberikan batasan. Misalnya dengan menentukan jadwal waktu kapan anak boleh main gadget dan kapan tidak boleh dan berapa lama. Hal ini bertujuan supaya anak tidak ketergantungan dengan gadget. Orangtua juga harus bisa memberikan contoh dalam menerapkan kebijakan tersebut, dimana orangtua tidak menggunakan gadget di depan anak saat waktunya anak tidak boleh menggunakan gadget.

  1. Mengakui Kesalahan Jika Melakukan Kesalahan Pada Anak

Biasanya orangtua merasa enggan meminta maaf kepada anak jika melakukan kesalahan. Jangan sampai para orangtua merasa sebagai sosok yang sempurna dan paling benar tidak memiliki kesalahan. Maka dari itu, jika ada kesalahan jangan merasa sungkan untuk minta maap kepada anak. Sehingga nantinya anak juga akan memiliki sifat yang besar hati serta mau mengakui kesalahnnya jika bersalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *